Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Right now it appears like Movable Type is the preferred blogging platform out there right now.
(from what I’ve read) Is that what you’re using on your blog?
Also visit my homepage Myron Golden Challenge
It’s actually very complicated in this full of activity life to
listen news on Television, thus I only use the web for that purpose,
and get the most up-to-date news.
Here is my web page; Myron Golden Challenge
Vidio bokep Indonesia terbaru here we go!.
Right here is the right site for anybody who wishes to find out about
this topic. You know a whole lot its almost hard to argue with
you (not that I actually would want to…HaHa). You definitely put a brand new spin on a subject that’s been discussed for many years.
Great stuff, just excellent!
Great! Feel free to visit my homepage: Orb Constructions
Bell Delphine porn videos are not to be missed!.
Hello there, There’s no doubt that your site could possibly be having browser compatibility problems.
Whenever I take a look at your website in Safari, it looks fine however when opening in Internet Explorer,
it has some overlapping issues. I just wanted to give you a quick heads up!
Aside from that, great site!
Playing this slot feels like being part of a Wild West movie. You never know when the next big win is coming, but it’s always thrilling!Wild Bandito
Great short article, some helpful concepts.
Hi Dear, are you actually visiting this site on a regular basis, if so afterward you will without
doubgt gget good experience.
Hello to all, it’s genuinely a good for me to pay a
quick visit this website, it includes priceless Information.
nice post
Hi to every one, as I am in fact keen of reading this blog’s post to be updated daily.
It carries fastidious material.
Such initiatives like the Pelatihan Clinical Teacher at AHS-UI are crucial in enhancing the quality of medical education. Empowering educators ultimately leads to better healthcare outcomes. On a lighter note, I recently came across a refined collection of best men leather jackets that strike the right balance between comfort and style—great for professionals who value both.
มีเฮ 569
สล็อตเดโม่ SLOT DEMO FREE
สมัครเว็บสล็อต พร้อมรับโบนัสเพียบ
Thank you a bunch for sharing this with all folks you actually realize
what you’re speaking about! Bookmarked. Please additionally visit my website =).
We may have a link alternate arrangement between us
View XXX BF Full HD for the best experience.
Alex Blake’s eighteen year old’s first sextape porn is hot!.
I have been browsing online more than 3 hours today, yet
I never discovered any attention-grabbing article like yours.
It’s lovely worth enough for me. In my view, if all webmasters and bloggers made good content
as you did, the internet shall be a lot more helpful than ever
before.
Thanks for finally talking about > Pelatihan Clinical Teacher AHS-UI – Academic Health System University of Indonesia < Liked it!
Hi, Neat post. There’s an issue together with your website in internet explorer, would test
this? IE still is the marketplace leader and a good element of other people will miss
your magnificent writing due to this problem.