Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Така рідина вимагає потужного смартфона або планшета з
відмінною https://www.liftfootwears.com/solevaja-zhizha-dlja-poda/
подачею рідини.
BF Video Clip XXX Com is not bad, are they?
Hot Indian video clips are preferred amongst individuals.
safe online pharmacies in canada
Warm celeb videos? Right here is the checklist of naked
celeb video clips for you.
Its outer boundary, the limb, stores lots of healthy https://autismhealingcenter.com/
called limbal epithelial cells, which lead the smoothness of the eye
surface.
Interesting understandings right into the globe of American preferred XXX content.
reputable canadian mail order pharmacies
Faça Seu Cadastro no spicy bet e Ganhe 100$ de Bônus Exclusivo!
Hello! I know this is kinda off topic but I was wondering which
blog platform are you using for this website? I’m getting sick
and tired of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m
looking at alternatives for another platform. I would be fantastic if you could
point me in the direction of a good platform.
Good quality HD videos of pornography celebrities are incredibly popular among the visitors.
alto seguridad, para sus materiales, en William Hill Casino en España siempre estaban protegidos .
william hill – similar aplicación para apuestas deportivas
en real dinero.
Feel free to surf to my web page … https://fueraya.es
It seems that Grownup Tik Tok XXX is ending up
being increasingly more prominent.
My relatives always say that I am killing my time here at web,
but I know I am getting knowledge everyday by reading thes pleasant content.
Excellent material, I’ll check out Dani Daniel XXX following.
South Korean pharmacists can practice pharmacy after navigating the following steps.
Also visit my webpage: Night part-time job (Amelia)
Our multiplatform brands, covering print and pixel editions, audio and video,
events and emotions, are the source of a multitude of opinions, and the http://www.rojukaburlu.in/cropped-gallery-6-jpg/ represents the various communities
whom we serve.
Covert camera Tamil sex video clips are popular among viewers.
عرض سلام! این سایت برای من بهترین مرجع بوده
و مقاله خیلی خوب و حرفهای بود.
امیدوارمهمیشه موفق باشید و به همین سبک ادامه بدید.
همچنین پیشنهاد میکنم برای بهبود سئو سایت
خود، بکلینکهای سایدبار را از virցool.io خریداری
کنید. برای تماس با من به تلگرام @myd_80 مراجعه کنید.ما یک گروه سئو پرم در تلگرام داریم و پستهای مهمان
با کیفیت برای فروش ارائه میدهیم.
My web site: Recomiendo este sitio para construir enlaces: xseo.ir
Covert video camera sex video clips in Tamil are quite prominent amongst fans.
سلام و خسته نباشید! محتوا خیلی حرفهای بود و
من حتماً این سایت رو با دوستانم به اشتراک میگذارم.
دمتون گرم! همچنین پیشنهاد میکنم برای بهبود سئو سایت خود،بکلینکهای سایدبار را از virgool.іo خریداری کنید.
برای تماس با من به تلگرام @myd_80 مراجعه کنید.
ما یک گروه سئو پرم در تلگرام داریم و پستهای مهمان با کیفیت برای فروش
ارائه میدهیم.
Alsoo visit my web site :: اگر به دنبال لینک سازی حرفهای هستید، xseo.ir انتخاب کنید