Bulan Juli hingga Agustus 2020, Academic Health Systems Universitas Indonesia (AHS UI) mengadakan Roadshow virtual ke rumah sakit jejaring universitas indonesia, rumah sakit tersebut adalah. Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Rumah Sakit Fatmawati (RSF), Rumah Sakit Persahabatan (RSP), Rumah Sakit Pusat otak Nasional (RS PON), Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD), Rumah Sakit Anak dan Bersalin Harapan kita (RSIA HARKIT), Rumah Sakit Jantung Harapan Kita (RSJ HARKIT), Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso (RSPI).

Pada pertemuan virtual melalui aplikasi “Zoom” ini diikuti oleh pimpinan Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia (UI) yang terdiri dari Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr.dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, MMB, FINASIM, FACP. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, dr. Agustin Kusumayati M.Sc Ph.D. Fakultas Kedokteran Gigi, Prof. Dr. M. F. Lindawati S. Kusdhany, drg, Sp.Pros(K). Fakultas Ilmu Farmasi, Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt. dan Fakultas Ilmu Keperawatan, Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N.

Salah satu tujuan adanya AHS UI adalah untuk terwujudnya keselarasan antara pelayanan dan pendidikan kedokteran dengan sistem pelayanan yang berjenjang dan berkelanjutan. Dapat disimpulkan dari keseluruhan pertemuan, masalah utama yang dihadapi salah satunya adalah masalah birokrasi dalam hal riset, pendidikan, dan pelayanan.

Acara Roadshow AHS UI dibuka oleh Prof. Dr.dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, MMB, FINASIM, FACP. Lalu dilanjutkan dengan presentasi mengenai tujuan acara roadshow yaitu hambatan dan usulan dari para pihak rumah sakit kerjasama AHS. Topik dibahas adalah kesiapan pengiriman Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) ke rumah sakit Pendidikan dan SOP pendidikan pada masa pandemi ini.

Hal lain yang dibahas oleh para petinggi rumah sakit kerja sama AHS ini adalah angka dosen pengajar dari rumah sakit mereka yang masih belum cukup. Di  pembicaraan ini, pembahasan mengenai Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) serta syarat dibahas bersama.

Hal terakhir yang dibahas adalah setiap fakultas di Rumpun Ilmu Kesehatan ingin melakukan riset di rumah sakit yang memiliki kerja sama dengan AHS. Hal ini disambut baik oleh semua pihak rumah sakit karena bersifat mutualisme untuk pihak mahasiswa dan rumah sakit.

Pertemuan ini membicarakan tentang tantangan melaksanakan indicator keberhasilan AHS UI yaitu program tridarma. Acara roadshow ini berjalan dengan lancar dan membawa harapan bahwa kedepannya sistim birokrasi riset, pelayanan dan pendidikan ke depannya akan lebih mudah.

 

ditulis oleh:
dr. Ras Adiba Riza, BMedSci
(Asisten Manager Academic Health System Universitas Indonesia)