Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh: Humas UI
buy orlistat 60mg sale – generic plaquenil buy hydroxychloroquine 400mg pills
Amazing! This blog looks just like my old one! It’s on a totally different subject but it has pretty much the same layout and design. Excellent choice of colors!|
ring central gay chat rooms https://bjsgaychatroom.info/
gay nmale dating sites in southern california https://gaypridee.com/
gay mens chat https://gaytgpost.com/
gay latin chat https://gay-buddies.com/
order generic cenforce – buy zovirax 800mg sale order zovirax for sale
best gay dating sites for southwest florida https://speedgaydate.com/
porn
buy hydroxyzine 25mg online – order zetia 10mg pills crestor medication
I like the helpful information you provide in your articles. I will bookmark your blog and check again here frequently. I’m quite sure I’ll learn lots of new stuff right here! Good luck for the next!|
best vpn for small business
[url=”https://addonsvpn.com”]which free vpn is best?[/url]
cyberghost vpn
order tetracycline 250mg pills – order generic cyclobenzaprine 15mg order celexa 40mg
500 word essay length
[url=”https://anenglishessay.com”]literary essay[/url]
essay introduction examples
Asking questions are really nice thing if you are not understanding something totally, but this paragraph presents nice understanding even.|
Hi! I understand this is sort of off-topic however I needed to ask. Does building a well-established website such as yours take a lot of work? I’m brand new to running a blog however I do write in my journal every day. I’d like to start a blog so I can easily share my own experience and views online. Please let me know if you have any kind of recommendations or tips for brand new aspiring bloggers. Appreciate it!|
choose a gay video chat free
[url=”https://bjsgaychatroom.info”]gay text chat[/url]
gay massachusetts chat
brand tizanidine 2mg – buy prozac 10mg for sale purchase colchicine pill
best free windows vpn
[url=”https://choosevpn.net”]vpn for mac[/url]
free phone vpn
cost inderal 10mg – desyrel us buy generic hydroxychloroquine 200mg
critical thinking theory
[url=”https://criticalthinking2020.net”]critical thinking ability[/url]
developing critical thinking skills
I’d like to thank you for the efforts you have put in penning this website. I am hoping to view the same high-grade content from you later on as well. In truth, your creative writing abilities has inspired me to get my own blog now ;)|
Hello, this weekend is pleasant in support of me, as this point in time i am reading this great informative article here at my home.|
critical thinking foundation
[url=”https://criticalthinkingbasics.com”]critical thinking activities for middle school[/url]
critical thinking examples in real life
buy plaquenil pills – purchase chloroquine pill chloroquine ca
critical thinking is the practice of evaluating
[url=”https://criticalthinkinginstitute.com”]characteristics of critical thinking[/url]
defining critical thinking
essay pro
[url=”https://essayscratch.com”]expository essay examples[/url]
memoir essay
Thank you a bunch for sharing this with all people you really understand what you’re talking about! Bookmarked. Kindly also consult with my website =). We may have a link alternate contract among us|
You could definitely see your expertise within the work you write. The arena hopes for more passionate writers such as you who are not afraid to mention how they believe. All the time follow your heart.|
cheap aralen – sildenafil 150mg ca sildenafil online
grammarly essay check
[url=”https://essaysitesreviews.com”]how to write a essay[/url]
persuasive essay examples
where to chat with gay pervs
[url=”https://gay-buddies.com”]gay sissie chat[/url]
dubuque gay chat
cialis on line – cialis cost stromectol 2mg online
bit.ly
dating hung gay macho
[url=”https://gayfade.com/”]gay dating advice forums[/url]
gay dating app for over 50
http://www.badmoon-racing.jp/frame/?url=https://procrackwindows.com/microsoft-office-2019-crack/
I do accept as true with all the ideas you’ve presented in your post. They’re very convincing and can definitely work. Still, the posts are too brief for newbies. Could you please extend them a bit from next time? Thank you for the post.|
gay black and white men dating
[url=”https://gaypridee.com/”]gay dudes strong bo odor dating sites[/url]
chubby cchup gay dating
gay dating sim
[url=”https://gayprideusa.com/”]where can a hungry gay bottom find a top dating[/url]
nippleplay gay dating site
stromectol tab 3mg – amoxicillin 250mg usa order isotretinoin pills
آدامس 5 فایو rpm mit نعناع فروش فوق العاده
best slots to play https://2-free-slots.com/
best slots near me https://candylandslotmachine.com/
123 slots https://pennyslotmachines.org/
is it smart for gay teens to use dating apps
[url=”https://gaysugardaddydatingsites.com/”]gay dating a macho[/url]
popular gay dating apps for android
slots inferno https://slotmachinesworld.com/
gay phone chat line free trial
[url=”https://gaytgpost.com/”]free gay chat lines in fitchburg,ma[/url]
gay tennessee chat rooms
http://www.serbiancafe.com/lat/diskusije/new/redirect.php?url=https://www.bookmarkidea.win/fl-studio-free-download-pc
If you desire to take a good deal from this paragraph then you have to apply these techniques to your won web site.|
casino games online – best online casino for real money azithromycin over the counter