Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
%%
Also visit my page – become a Representative
%%
Here is my page :: motorcycle injury attorneys
%%
my web site Netsuite Partners
%%
Check out my blog post – Aluminium Doors Altrincham
%%
My web site; upvc door installers
sex dating sights dating sim
%%
Look into my blog post: avon brochures Online (utahsyardsale.com)
%%
Feel free to surf to my web blog; how much is a sexdoll, bk4kify3sxihb2p63vjkbfxzrkrwdw3pxvx24xcq2qibk6an2i5q.cdn.ampproject.org,
%%
my web site; 24 hours locksmith
https://datingtopreview.com/# dating web
[url=https://datingtopreview.com/#]dating club[/url] adult dating site
the dark internet deep web drug store
darkmarket link dark market list
cleocin
All news about drugs. Read information here.
This website truly has all of the information and facts I needed about this subject and didn’t know who to ask.
%%
Also visit my web page: how much is a sexdoll
https://datingtopreview.com/# dating site
%%
My blog … Truck injury lawsuit
%%
Also visit my web page :: Sexdoll Sales
%%
Here is my webpage – locksmith
dark web sites links darknet drug market
darkmarket 2022 dark web access
%%
Here is my web page – netsuite Integration partners
Teen Girls Pussy Pics. Hot galleries
http://pornballgagged.xblognetwork.com/?ashlee
black gay hardcore porn videos creation b3ta sonic porn bad dragon toys porn video gay avatar porn games play simpson porn games
%%
Also visit my web-site: netsuite oracle advisors
%%
My webpage: silicone Adult dolls
%%
my web site online Avon brochure (forum.Resonantmotion.org)
%%
Also visit my blog … uk best sim only Deal
%%
My website – electrical Certificate Online
%%
Also visit my blog post; what is electrical installation condition report
%%
Here is my web page :: Replace Glass In Window
I know this web site offers quality based articles and other data, is there any other web site which
gives these kinds of stuff in quality?
%%
Also visit my website :: consulting pitch deck template
HOT GAME HIT GAME
EL MATADOR
%%
Feel free to visit my blog post: replacement Glass
connecting singles games dating online free
sex dating free gay dating sites chat
lisinopril
All trends of drugs. Read here.
https://datingtopreview.online/# free dating sites for men
[url=https://datingtopreview.com/#]100% free dating site in europe[/url] free and single dating site
%%
Feel free to surf to my webpage locksmith worthing
%%
Feel free to visit my web blog … boat accident attorney
%%
Visit my blog – Uk Edibles Sweets
%%
Visit my web site: 24 Hr Lock Smith
%%
Here is my web-site … Fulham Locksmiths
%%
My blog post … play casino online (bbbyop.macple.Co.kr)
%%
My page – best sim only deals
%%
Also visit my site :: sports (https://www.p4c.philips.com/)
I truly love your website.. Pleasant colors & theme.
Did you make this site yourself? Please reply back as I’m hoping to create my very own blog and would
love to find out where you got this from or just what the theme is called.
Appreciate it!
Hello mates, pleasant paragraph and nice urging commented
at this place, I am truly enjoying by these.
darknet seiten darknet union [url=https://onionalphabayurl.com/ ]Cocorico link [/url]
totally free dating sites near nelson adilt dating